Selasa, 06 September 2016
JURNAL ILMIAH
SEJARAH ORANG BUGIS |
Ilustrasi Jurnal STAIN Parepare |
1. Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Ilmu Tarbiyah dan Teknologi bagi Mahasiswa dan Alumni STAIN Parepare, Jurnal Pendidikan IQRA Vol.3 No.2 Desember 2015 ( Prodi PAI Jurusan Tarbiyah) Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
2. Pendidikan Islam Ikhwan Al-Muslimin (Telaah Pemikiran Hasan Al-Banna), Penulis; Musyarif, M.Ag, Penerbit, LBH Press, 2014
3.Suksesi dan Kebijakan Politik Khulafa al-Rasyidin, Buku Daras, Penulis: Musyarif, M.Ag, Penerbit LBH Press Tahun 2014
4. Sistem Kepercayaan dan Perubahan Sosial (Menelusuri Transformasi Budaya Masyarakat Lajoa) Penulis Dr. H. Djamaluddin, S.Sos, M.Pd dan Ahdar Djamaluddin, M.Pd.I. (Editor: Musyarif, M.Ag) Penerbit: Trust Media Yogyakarta: 2014
5. Kekuasaan Bani Umayyah (Praktik Dinasti Politik dalam Lintasan Sejarah) Jurnal Pelita (Jurnal Pendidikan dan Keguruan) oleh Musyarif, M.Ag tahun 2014.
6. Perkembangan Muhammadiyah di Kabupaten Soppeng (Studi Historis terhadap Gerakan Dakwah Muhammadiyah), oleh Musyarif, M.Ag, Hasil Penelitian yang didanai oleh DIPA STAIN Parepare tahun 2015/2016.
7. UpayaPeningkatan Kedisiplinan Belajar Pendidikan PAI Melalui Metode Pembiasaan di SDN No. 24 Balla Baraka Kab. Enrekang oleh Dr. Hj. Nurhayati, M.Hum (Jurnal Istiqra' 2 Maret 2015)
8. Fundamentalism & Radikalism in Modern Islam, Proseding the 1st Academic Symposium UIN Makasar Tanggal 20-21 Juni 2014.
9. Pendidikan Akhlak dalam Upaya Membina Kepribadian Siswa MAN 2, Oleh Dr. Hj. Aminah, M.Pd (Jurnal Kuriositas, Media Komunikasi Sosial & Keagamaan) tahun 2014
10. Keteladanan Pribadi Rasulullah, oleh: Dra. Hj. Hasnani Siri, M.Hum, Buku Daras, Penerbit: TrusMedia Yogyakarta tahun 2015.
11. Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Baru terhadap Materi PAI
Masyarakat Arab Pra al-Qur'an Diturunkan, oleh Drs. A. Nurkidam, M.Hum (Jurnal al-Ishlah, Jurnal Studi Pendidikan Jurusan Tarbiyah STAIN Parepare Tahun 2014.
12.
AKADEMIK
KEGIATAN STADIUM GENERAL
KURIKULUM SKI
DATA MAHASISWA
SPANDUK KEGIATAN |
PEMBUKAAN KEGIATAN OLEH WAKIL KETUA I BID. APL |
ARAHAN DARI MODERATOR |
PENYAMPAIAN MATERI OLEH PROF. DR. IRWAN ABDULLAH |
KURIKULUM SKI
Jenis Mata Kuliah
|
Sks
|
Keterangan
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
||
Mata Kuliah Wajib
|
||||
1.
|
PPKN (MPK)
|
3
|
I
|
|
2.
|
ISBD
|
2
|
I
|
|
3.
|
Bhs. Indonesia
|
2
|
I
|
|
4.
|
Bh. Inggris 1
|
2
|
I
|
|
5.
|
Bhs. Arab 1
|
2
|
I
|
|
6.
|
Komputer
|
2
|
I
|
|
7.
|
Ulumul Qur’an
|
2
|
I
|
|
8.
|
Ulumul Hadis
|
2
|
I
|
|
9.
|
BTQ
|
2
|
I
|
|
10.
|
Pengantar Ilmu Sejarah
|
2
|
I
|
|
11.
|
Ilmu Kalam
|
2
|
II
|
|
12.
|
Bhs. Inggris 2
|
3
|
II
|
|
13.
|
Bhs. Arab 2
|
2
|
II
|
|
14.
|
Sejarah Kebudayaan Islam 1
|
3
|
II
|
|
15.
|
Sejarah Umum
|
2
|
II
|
|
16.
|
Sejarah Islam Indonesia 1 (masa
kerajaan Islam)
|
2
|
II
|
|
17.
|
Metodologi Penulisan Karya
Ilmiah
|
2
|
II
|
|
18.
|
Pengantar Studi Islam
|
3
|
II
|
|
19.
|
Sejarah Dunia
|
3
|
II
|
|
20.
|
Tafsir
|
2
|
III
|
|
21.
|
Akhlak Tasawuf
|
2
|
III
|
|
22.
|
Hadis
|
2
|
III
|
|
23.
|
Sejarah Kebudayaan Islam 2
|
3
|
III
|
|
24.
|
Historiografi Islam 1 (klasik)
|
3
|
III
|
|
25.
|
Pengantar Ilmu Fiqh / Ushul
Fiqh
|
2
|
III
|
|
26.
|
Dasar-dasar Filsafat
|
2
|
III
|
|
27.
|
Studi Hukum Islam/Fiqh
|
2
|
III
|
|
28.
|
Statistik
|
3
|
III
|
|
29.
|
Antropologi
|
3
|
IV
|
|
30.
|
Historiografi Islam 2 (Indonesia)
|
3
|
IV
|
|
31.
|
Filologi (Kodikologi,
fotografi)
|
3
|
IV
|
|
32.
|
Sejarah Islam Kawasan Asia
|
3
|
IV
|
|
33.
|
Sejarah Perkembangan Pesantren
di Indonesia
|
3
|
IV
|
|
34.
|
Sejarah Islam Indonesia 2 (masa
penjajahan, merdeka & Orba)
|
3
|
IV
|
|
35.
|
Filsafat Ilmu
|
2
|
IV
|
|
36.
|
Kewira Usahaan
|
2
|
IV
|
|
37.
|
Pengantar Sosiologi
|
2
|
V
|
|
38.
|
Sejarah Sosial Intelektual
Islam Indonesia
|
3
|
V
|
|
39.
|
Kearsipan Sejarah
|
2
|
V
|
|
40.
|
Filsafat Sejarah
|
3
|
V
|
|
41.
|
Etnografi Islam
|
2
|
V
|
|
42.
|
Studi Teks Bhs. Arab
|
2
|
V
|
|
43.
|
Sejarah Islam Kawasan Afrika
& Eropa
|
3
|
V
|
|
44.
|
Orientalisme dan Oksidentalisme
|
2
|
V
|
|
45.
|
Metodologi Penelitian Sosial
|
3
|
V
|
|
46.
|
Metodologi Penelitian Sejarah
|
2
|
VI
|
|
47.
|
Sejarah pemikiran politik Islam
Asia Tenggara
|
2
|
VI
|
|
48.
|
Arkeologi
|
3
|
VI
|
|
49.
|
Sejarah Kesenian Islam
|
2
|
VI
|
|
50.
|
Bibliografi Sejarah Islam
|
2
|
VI
|
|
51.
|
Teknologi Informasi
|
3
|
VI
|
|
52.
|
Studi teks bahasa Daerah /
Lontara
|
2
|
VI
|
|
53.
|
Sejarah Kelembagaan Islam Indonesia
|
2
|
VI
|
|
54.
|
Komprehensif
|
4
|
VII
|
|
55.
|
Riset Kolektif / PPL
|
4
|
VII
|
|
56.
|
KKN
|
4
|
VII
|
|
57.
|
Skripsi
|
6
|
VII
|
|
Jumlah
|
144
|
|||
Mata Kuliah Pilihan
|
||||
1.
|
Kepariwisataan (pemandu wisata)
|
2
|
||
2
|
Kepariwisataan (Umrah dan Haji)
|
2
|
||
3
|
Sumber dan Media Pembelajaran
Sejarah
|
2
|
||
.4
|
Jurnalistik (persuratkabaran)
|
2
|
||
5
|
Strategi Pembelajaran Sejarah
|
2
|
||
6
|
Manajemen Kewirausahaan
(Net-working)
|
2
|
||
Jumlah Total
|
148
|
DATA MAHASISWA
Tahun
Masuk
|
Jumlah
Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun*
|
||||||
TS-6
|
TS-5
|
TS-4
|
TS-3
|
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
TS-6
2010/2011
|
(a) =
|
(b) =
|
|||||
TS-5
2011/2012
|
|||||||
TS-4
2012/2013
|
|||||||
TS-3
2013/2014
|
(d) =
|
(e) =
|
|||||
TS-2
2014/2015
|
15
|
15
|
15
|
||||
TS-1
2015/2016
|
49
|
49
|
|||||
TS
2016/2017
|
60
|
SILABI
MATA KULIAH DAN KONTRAK KULIAH
JURUSAN TARBIYAH DAN ADAB STAIN PAREPARE
Mata
Kuliah : Ilmu al-Qur’an
Kode Mata
Kuliah :
Semester : I ( Satu )
PRODI / Jurusan : SKI / Sejarah
dan Kebudayaan Islam
Program : Strata Satu (S.1)
Bobot SKS : 2 (dua) SKS
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
A.
Deskripsi Mata Kuliah
Ilmu al-Qur’an adalah matakuliah yang masuk
dalam kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Dalam matakuliah ini
dibahas dasar-dasar pengenalan terhadap al-Qur’an, baik
menyangkut sejarahnya
dasar-dasar metode pemahaman maupun subtansi al-Qur’an itu sendiri.
B. Standar Kompetensi
1. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep-konsep dalam kajian Ilmu al-Qur’an.
2. Mahasiswa dapat mengaitkan dan memanfaatkan konsep-konsep Ilmu al-Qur’an sebagai ilmu bantu dalam memahami makna dan
kandungan al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi
masalah-masalah yang terkait dengan kajian Ilmu al-Qur’an.
C. Kompetensi Dasar
1. Mahasiswa dapat menggali dan mengungkapkan konsep-konsep Ilmu al-Qur’an dari sumber Islam (Alquran dan
al-Hadis).
2. Mahasiswa mampu mengungkapkan konsep-konsep Ilmu al-Qur’an terapan dari kitab-kitab sumber
standar.
3. Mahasiswa dapat menerapkan Ilmu al-Qur’an dalam penulisan karya ilmiah.
D. Indikator
1. Mahasiswa dapat mengurai ilmu-ilmu tentang pengenalan terhadap al-Qur’an, menguasai ilmu alat dalam mengeksplorasi kandungan al-Qur’an, serta dapat menjelaskan perbedaan tafsir, ta’wil, dan
tarjamah.
2.
Mahasiswa dapat menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an
secara sederhana dan benar sesuai dengan ilmu-ilmu alat tafsir di atas.
E. Topik Inti
1. Ulum
al-Qur'an dan ruang lingkup pembahasannya
2. Nuzul
al-Qur'an dan hikmah turunnya secara berangsur-angsur
3. Asbab
al-Nuzul
4. Hikmah Turunnya al-Qur’an secara berangsur-angsur
5. Pengumpulan al-Qur’an
6. Al-Makki
wa al-Madani
7. Tartib
Al-Ayat wa al-Suwar wa Fawatihuha
8. Al-Muhkam
wa al-Mutasyabih
9. Al-Nasikh
wa al-Mansukh
10.
Qira'at al-Qur'an
11. I’jaz
al-Qur'an
12. Aqsam
al-Qur'an
13. Amsal
al-Qur'an
14.
Qashash al-Qur'an
15. Ilmu Tafsir al-Qur’an
E. Referensi
1.
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur'an
2.
Al-Dzahabi, al-Tafsir wa al-Mufassirun
3.
Manna' al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum
al-Qur'an
4.
Subhi al-Shalih, Mabahits fi Ulum
al-Qur'an
5.
Al-Zarkasyi, al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur'an
6.
M. Quraish Shihab, Membumikan Alquran.
7.
----------------------, Wawasan Alquran
8.
----------------------, I'jaz Al-Qur'an
9.
…………………., Tafsir al-Mishbah
10.
Al-Farmawi, al-Bidayat fi al-Tafsir
al-Maudhu`i
11.
TM. Hasbi al-Shiddieqiy, Ilmu-ilmu
Alquran.
12.
Mahmud al-Mishri, Qashash al-Qur’an.
13.
Muhammad Ahmad Jad al-Maula, Qashash
al-Qur’an
14.
Mahmud al-Hijaziy, al-Tafsir al-Wadhih
15. Dr. Shalah
‘Abd al-Fattah al-Khalidi, al-Tafsir al-Maudhu’i bain al-Nazhariyyah wa
al-Tathbiq.
F. Sistem Perkuliahan
- Kuliah pertama adalah penjelasan tentang sistem perkuliahan, penilaian, dan penjelasan secara umum tentang topik perkuliahan.
- Perkuliahan selanjutnya dilaksanakan dengan beberapa metode, seperti ceramah, diskusi/seminar terhadap makalah yang telah disusun oleh mahasiswa, sesuai dengan topik masing-masing serta metode-metode lain yang relevan.
- Setiap mahasiswa harus mempertanggungjawabkan makalahnya di dalam diskusi.
- Makalah diserahkan paling lambat satu hari sebelum perkuliahan.
- Untuk menjaga konsentrasi, Nada panggil Hand Phone dinonaktifkan/digetarkan
- Bagi yang terlambat lewat 10 menit, dinyatakan alpa walaupun tetap diperkenankan mengikuti perkuliahan.
- Menaati kode etik Mahasiswa.
G. Sistem Evaluasi
- Kehadiran 10%
- Partisipasi dalam Kelas 10%
- Tugas Mandiri/Kelompok 10%
- Mid semester/UTS 30%
- Ujian semester/UAS 40%
Langganan:
Postingan (Atom)