SPANDUK KEGIATAN |
PEMBUKAAN KEGIATAN OLEH WAKIL KETUA I BID. APL |
ARAHAN DARI MODERATOR |
PENYAMPAIAN MATERI OLEH PROF. DR. IRWAN ABDULLAH |
KURIKULUM SKI
Jenis Mata Kuliah
|
Sks
|
Keterangan
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
||
Mata Kuliah Wajib
|
||||
1.
|
PPKN (MPK)
|
3
|
I
|
|
2.
|
ISBD
|
2
|
I
|
|
3.
|
Bhs. Indonesia
|
2
|
I
|
|
4.
|
Bh. Inggris 1
|
2
|
I
|
|
5.
|
Bhs. Arab 1
|
2
|
I
|
|
6.
|
Komputer
|
2
|
I
|
|
7.
|
Ulumul Qur’an
|
2
|
I
|
|
8.
|
Ulumul Hadis
|
2
|
I
|
|
9.
|
BTQ
|
2
|
I
|
|
10.
|
Pengantar Ilmu Sejarah
|
2
|
I
|
|
11.
|
Ilmu Kalam
|
2
|
II
|
|
12.
|
Bhs. Inggris 2
|
3
|
II
|
|
13.
|
Bhs. Arab 2
|
2
|
II
|
|
14.
|
Sejarah Kebudayaan Islam 1
|
3
|
II
|
|
15.
|
Sejarah Umum
|
2
|
II
|
|
16.
|
Sejarah Islam Indonesia 1 (masa
kerajaan Islam)
|
2
|
II
|
|
17.
|
Metodologi Penulisan Karya
Ilmiah
|
2
|
II
|
|
18.
|
Pengantar Studi Islam
|
3
|
II
|
|
19.
|
Sejarah Dunia
|
3
|
II
|
|
20.
|
Tafsir
|
2
|
III
|
|
21.
|
Akhlak Tasawuf
|
2
|
III
|
|
22.
|
Hadis
|
2
|
III
|
|
23.
|
Sejarah Kebudayaan Islam 2
|
3
|
III
|
|
24.
|
Historiografi Islam 1 (klasik)
|
3
|
III
|
|
25.
|
Pengantar Ilmu Fiqh / Ushul
Fiqh
|
2
|
III
|
|
26.
|
Dasar-dasar Filsafat
|
2
|
III
|
|
27.
|
Studi Hukum Islam/Fiqh
|
2
|
III
|
|
28.
|
Statistik
|
3
|
III
|
|
29.
|
Antropologi
|
3
|
IV
|
|
30.
|
Historiografi Islam 2 (Indonesia)
|
3
|
IV
|
|
31.
|
Filologi (Kodikologi,
fotografi)
|
3
|
IV
|
|
32.
|
Sejarah Islam Kawasan Asia
|
3
|
IV
|
|
33.
|
Sejarah Perkembangan Pesantren
di Indonesia
|
3
|
IV
|
|
34.
|
Sejarah Islam Indonesia 2 (masa
penjajahan, merdeka & Orba)
|
3
|
IV
|
|
35.
|
Filsafat Ilmu
|
2
|
IV
|
|
36.
|
Kewira Usahaan
|
2
|
IV
|
|
37.
|
Pengantar Sosiologi
|
2
|
V
|
|
38.
|
Sejarah Sosial Intelektual
Islam Indonesia
|
3
|
V
|
|
39.
|
Kearsipan Sejarah
|
2
|
V
|
|
40.
|
Filsafat Sejarah
|
3
|
V
|
|
41.
|
Etnografi Islam
|
2
|
V
|
|
42.
|
Studi Teks Bhs. Arab
|
2
|
V
|
|
43.
|
Sejarah Islam Kawasan Afrika
& Eropa
|
3
|
V
|
|
44.
|
Orientalisme dan Oksidentalisme
|
2
|
V
|
|
45.
|
Metodologi Penelitian Sosial
|
3
|
V
|
|
46.
|
Metodologi Penelitian Sejarah
|
2
|
VI
|
|
47.
|
Sejarah pemikiran politik Islam
Asia Tenggara
|
2
|
VI
|
|
48.
|
Arkeologi
|
3
|
VI
|
|
49.
|
Sejarah Kesenian Islam
|
2
|
VI
|
|
50.
|
Bibliografi Sejarah Islam
|
2
|
VI
|
|
51.
|
Teknologi Informasi
|
3
|
VI
|
|
52.
|
Studi teks bahasa Daerah /
Lontara
|
2
|
VI
|
|
53.
|
Sejarah Kelembagaan Islam Indonesia
|
2
|
VI
|
|
54.
|
Komprehensif
|
4
|
VII
|
|
55.
|
Riset Kolektif / PPL
|
4
|
VII
|
|
56.
|
KKN
|
4
|
VII
|
|
57.
|
Skripsi
|
6
|
VII
|
|
Jumlah
|
144
|
|||
Mata Kuliah Pilihan
|
||||
1.
|
Kepariwisataan (pemandu wisata)
|
2
|
||
2
|
Kepariwisataan (Umrah dan Haji)
|
2
|
||
3
|
Sumber dan Media Pembelajaran
Sejarah
|
2
|
||
.4
|
Jurnalistik (persuratkabaran)
|
2
|
||
5
|
Strategi Pembelajaran Sejarah
|
2
|
||
6
|
Manajemen Kewirausahaan
(Net-working)
|
2
|
||
Jumlah Total
|
148
|
DATA MAHASISWA
Tahun
Masuk
|
Jumlah
Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun*
|
||||||
TS-6
|
TS-5
|
TS-4
|
TS-3
|
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
TS-6
2010/2011
|
(a) =
|
(b) =
|
|||||
TS-5
2011/2012
|
|||||||
TS-4
2012/2013
|
|||||||
TS-3
2013/2014
|
(d) =
|
(e) =
|
|||||
TS-2
2014/2015
|
15
|
15
|
15
|
||||
TS-1
2015/2016
|
49
|
49
|
|||||
TS
2016/2017
|
60
|
SILABI
MATA KULIAH DAN KONTRAK KULIAH
JURUSAN TARBIYAH DAN ADAB STAIN PAREPARE
Mata
Kuliah : Ilmu al-Qur’an
Kode Mata
Kuliah :
Semester : I ( Satu )
PRODI / Jurusan : SKI / Sejarah
dan Kebudayaan Islam
Program : Strata Satu (S.1)
Bobot SKS : 2 (dua) SKS
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
A.
Deskripsi Mata Kuliah
Ilmu al-Qur’an adalah matakuliah yang masuk
dalam kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Dalam matakuliah ini
dibahas dasar-dasar pengenalan terhadap al-Qur’an, baik
menyangkut sejarahnya
dasar-dasar metode pemahaman maupun subtansi al-Qur’an itu sendiri.
B. Standar Kompetensi
1. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep-konsep dalam kajian Ilmu al-Qur’an.
2. Mahasiswa dapat mengaitkan dan memanfaatkan konsep-konsep Ilmu al-Qur’an sebagai ilmu bantu dalam memahami makna dan
kandungan al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi
masalah-masalah yang terkait dengan kajian Ilmu al-Qur’an.
C. Kompetensi Dasar
1. Mahasiswa dapat menggali dan mengungkapkan konsep-konsep Ilmu al-Qur’an dari sumber Islam (Alquran dan
al-Hadis).
2. Mahasiswa mampu mengungkapkan konsep-konsep Ilmu al-Qur’an terapan dari kitab-kitab sumber
standar.
3. Mahasiswa dapat menerapkan Ilmu al-Qur’an dalam penulisan karya ilmiah.
D. Indikator
1. Mahasiswa dapat mengurai ilmu-ilmu tentang pengenalan terhadap al-Qur’an, menguasai ilmu alat dalam mengeksplorasi kandungan al-Qur’an, serta dapat menjelaskan perbedaan tafsir, ta’wil, dan
tarjamah.
2.
Mahasiswa dapat menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an
secara sederhana dan benar sesuai dengan ilmu-ilmu alat tafsir di atas.
E. Topik Inti
1. Ulum
al-Qur'an dan ruang lingkup pembahasannya
2. Nuzul
al-Qur'an dan hikmah turunnya secara berangsur-angsur
3. Asbab
al-Nuzul
4. Hikmah Turunnya al-Qur’an secara berangsur-angsur
5. Pengumpulan al-Qur’an
6. Al-Makki
wa al-Madani
7. Tartib
Al-Ayat wa al-Suwar wa Fawatihuha
8. Al-Muhkam
wa al-Mutasyabih
9. Al-Nasikh
wa al-Mansukh
10.
Qira'at al-Qur'an
11. I’jaz
al-Qur'an
12. Aqsam
al-Qur'an
13. Amsal
al-Qur'an
14.
Qashash al-Qur'an
15. Ilmu Tafsir al-Qur’an
E. Referensi
1.
Al-Suyuthi, al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur'an
2.
Al-Dzahabi, al-Tafsir wa al-Mufassirun
3.
Manna' al-Qaththan, Mabahits fi ‘Ulum
al-Qur'an
4.
Subhi al-Shalih, Mabahits fi Ulum
al-Qur'an
5.
Al-Zarkasyi, al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur'an
6.
M. Quraish Shihab, Membumikan Alquran.
7.
----------------------, Wawasan Alquran
8.
----------------------, I'jaz Al-Qur'an
9.
…………………., Tafsir al-Mishbah
10.
Al-Farmawi, al-Bidayat fi al-Tafsir
al-Maudhu`i
11.
TM. Hasbi al-Shiddieqiy, Ilmu-ilmu
Alquran.
12.
Mahmud al-Mishri, Qashash al-Qur’an.
13.
Muhammad Ahmad Jad al-Maula, Qashash
al-Qur’an
14.
Mahmud al-Hijaziy, al-Tafsir al-Wadhih
15. Dr. Shalah
‘Abd al-Fattah al-Khalidi, al-Tafsir al-Maudhu’i bain al-Nazhariyyah wa
al-Tathbiq.
F. Sistem Perkuliahan
- Kuliah pertama adalah penjelasan tentang sistem perkuliahan, penilaian, dan penjelasan secara umum tentang topik perkuliahan.
- Perkuliahan selanjutnya dilaksanakan dengan beberapa metode, seperti ceramah, diskusi/seminar terhadap makalah yang telah disusun oleh mahasiswa, sesuai dengan topik masing-masing serta metode-metode lain yang relevan.
- Setiap mahasiswa harus mempertanggungjawabkan makalahnya di dalam diskusi.
- Makalah diserahkan paling lambat satu hari sebelum perkuliahan.
- Untuk menjaga konsentrasi, Nada panggil Hand Phone dinonaktifkan/digetarkan
- Bagi yang terlambat lewat 10 menit, dinyatakan alpa walaupun tetap diperkenankan mengikuti perkuliahan.
- Menaati kode etik Mahasiswa.
G. Sistem Evaluasi
- Kehadiran 10%
- Partisipasi dalam Kelas 10%
- Tugas Mandiri/Kelompok 10%
- Mid semester/UTS 30%
- Ujian semester/UAS 40%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar